Dapat Proyek Mading Sekolah



goodproductzz - Mading merupakan salah satu media tulis paling sederhana yang banyak digunakan untuk menyampaikan informasi kepada media massa. Sama seperti namanya, mading akan dipasang pada dinding. Umumnya, orang-orang membuat mading karena adanya proyek dari sekolah, dilombakan antar kelas untuk event tertentu, atau bahkan rutinitas wajib bagi mereka yang tergabung dalam ekstrakurikuler. Nah, cara untuk membuatnya pun cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan konten dan isian lain seperti gambar, kemudian semuanya di print di tempat print a1 terdekat, rapikan dengan gunting, dan tempelkan pada mading.

Isi Konten yang Wajib Ada Pada Mading

Sebelum beranjak menyiapkan materi dan bahan untuk membuat majalah dinding, Anda wajib mengetahui isi konten yang harus ada di dalamnya. Berikut ini adalah detailnya:

1. Judul

Isian wajib pada mading yang pertama ialah judul. Tanpa mengesampingkan harga print kertas a1, judul sendiri harus menyampaikan gambaran besar tentang isi konten yang diangkat dalam mading dan dibuat dengan huruf yang cukup besar. Sehingga jika dilihat dari jarak yang sedikit jauh pun masih bisa terlihat cukup jelas seperti yang dibuat di warujayaprinting .
Sebagai contoh saja jika Anda membuat judul 'say no to drugs' berarti isiannya harus berisikan tentang narkoba dan berbagai upaya penghindarannya. Atau mungkin mengangkat judul 'peduli lingkungan' maka isiannya pun harus tentang upaya Kita dalam menjaga lingkungan.

2. Salam Redaksi

Salam redaksi bisa berasal dari guru atau orang yang tergabung dalam tim redaksi dari ekstrakulikuler mading tersebut. Biasanya, salam redaksi berupa kata pengantar yang memuat tentang alasan mengapa memilih tema dan judul tersebut.

3. Artikel

Setelah semua konten berisikan informasi penting yang dimuat dalam artikel selesai di print a1 terdekat, Anda bisa mulai menempelkannya pada mading. Yang perlu diingat adalah, artikel yang dibuat tidak boleh terlalu panjang. Bukan hanya akan memenuhi mading, tapi juga akan membuat pembacanya malas untuk menyelesaikan bacaannya.

Baca Juga : Bingung Bagaimana Cara Efektif Melakukan Sosialisasi Program Organisasi? Ini Caranya

4. Profil Pembuat

Selain digunakan untuk mengenalkan diri, profil pembuat dalam mading juga digunakan untuk mempertanggungjawabkan semua informasi yang tertuang dalam mading.

5. Media Hiburan

Media hiburan seperti cerita pendek, certiga bergambar/ komik, puisi, pantun, atau media hiburan lainnya juga wajib ada di dalam artikel.

6. Gambar Pelengkap

Gambar pelengkap biasanya digunakan untuk mempermanis tampilan mading. Sederhananya, agar tidak membuat pembacanya merasa jenuh.
Membuat mading memang bukan perkara yang mudah. Butuh ide pikiran, tenaga, dan juga biaya lebih. Tapi jangan khawatir, masalah biaya bisa ditampis dengan mudah karena rata-rata harga print kertas a1 cukup terjangkau di kalangan anak sekolah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bingung Bagaimana Cara Efektif Melakukan Sosialisasi Program Organisasi? Ini Caranya

Yuk Kenali Macam-macam Ukuran Poster